Sabtu, 12 Oktober 2019

Dampak Jalan Tol Trans Jawa Terhadap Perekonomian Transportasi

Dampak Jalan Tol Trans Jawa Terhadap Perekonomian Transportasi

Di susun: Laura Amanda

  Pada Era Jokowi ini gencar-gencarnya pembangunan infrastruktur salah satunya adalah jalan tol atau jalan bebas hambatan. Jalan tol adalah salah satu tolak ukur sejauh mana kemajuan ekonomi di sebuah bangsa, makro dan mikro.
  Salah satu Mega Project jalan tol di Indonesia yang sedang dikebut pengerjaannya dan hangat dibicarakan oleh pemerintah adalah Project Jalan Tol Trans Jawa. Jalan tol ini membentang dari Merak Banten di ujung barat hingga Banyuwangi di ujung timur sepanjang 1.150 km. Pembangunan Tol Trans-Jawa ini diperlukan dana sebesar Rp.40 triliun lebih, tercakup di dalamnya kebutuhan pembebasan lahan sebesar Rp. 4 triliun.
  Proyek pembangunan tol Trans Jawa dinilai memberikan dampak positif dan negatif baik bagi sektor logistik maupun transportasi. Menurut Ketua Asosiasi (ALI) Zaldy Ilham Masita, mengatakan "dengan adanya tol Trans Jawa, akan memberikan dampak pada efisiensi biaya logistik barang dari ujung barat ke ujung timur Pulau Jawa dan dilihat dari sisi logostik Jawa, pasti akan lebih efien." Namun, dengan adanya jalan bebas hambatan ini, maka pergerakan barang akan semakin banyak berada jalur darat dengan angkutan truk.
  Sedangkan arus logistik melalui kereta api atau laut dengan kapal akan semakin menurun. Selain itu, dengan adanya tol Trans Jawa ini dikhawatirkan akan membuat tarif logistik antara truk dengan kereta api dan kapal akan semakin jomplang. Contoh, biaya logistik barang dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan truk sebesar Rp.6 juta per kontainer nya, sedangkan biaya logistik kereta api sebesar Rp.7,5 juta. Bahkan jika menggunakan kapal laut bisa di atas Rp. 8 juta, sedangkan sekarang 90% pergerakan barang menggunakan truk yang akan menyebabkan makro pemerintah kurang konsisten. Keinginannya pun sebaliknya ingin pergerakan barang dari darat ke laut, agar dana pada pembangunan tol Trans Jawa bisa kembali seperti semula dan tidak menyebabkan kerugian bagi transportsi lainnya. Dan juga transportasi seperti kereta api dan kapal pun dapat beroprasi layaknya sebelum ada jalan bebas hambatan ini.
  Dampak dengan andanya tol Trans Jawa ini juga baru dirasakan dalam jangka waktu panjang. Seperti, mahalnya tarif ruas tol Trans Jawa, nampaknya belum terlalu diminati para pengendara.
  Contoh lainnya yaitu, ruas Tol Trans Jawa hanya ramai pada masa liburan Lebaran, Natal, dan lain-lain. Sementara pada hari biasa cenderung sepi karena truk-truk lebih memilih melewati jalur Pantura.

Referensi sumber:
1.  Hilda  B Alexander 28 Mei 2019
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com
2. Septian Deny 31 Agustus 2015
https://m.liputan6.com
3. Aji DharmaBahari 31 Mei 2019
https://www.kompasiana.com
4. Reporter: Dwi Aditya Putra
Sumber: Merdeka.com 28 Januari 2019
https://m.liputan6.com

1 komentar:

  1. Haloo kami datang lagi dengan program menarik hanya 20 rb bisa dapatin hadiah jutaan rupiah penasaran
    yuk bergabung dengan kami di DEWALOTTO ya buruan... :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    BalasHapus

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil Di susun oleh: Laura Amanda Minggu, 8 Desember 2019 Pendidikan merupakan salah satu ...