Selasa, 03 September 2019

Ruang lingkup administrasi

Disusun oleh: Laura Amanda

Ruang Lingkup Administrasi

A. Pengertian Administrasi Keuangan
     Kata administrasi berasal dari bahasa latin "administrate" yang berarti membantu, dan memenuhi. Dari kata itu terbentuk kata benda "administratio" dan kata sifat "administrativus" yang kemuadian masuk ke dalam bahasa Inggris "administration".
     Adapun pengertian administrasi menurut para ahli, meliputi:
    Menurut The Liang Gie, adinistrasi keuangan merupakan proses pengurusan atau penyelenggaraan, penyediaan dan penggunaan uang dalam setiap usaha kerja sama.
     Menurut Simon, manusia yang administrasi seharusnya mengutamakan kepuasan. Sedangkan keuangan merupakan hasil dari proses pencatatan yang merupakan suatu ribgkasan dari transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku bersangkutan.

Untuk mempermudah memahami ruang lingkup administrasi, kegiatan administrasi dikelompokkan berdasarkan klasifikasi-klasifikasi berikut.
a. Berdasarkan Wilayah Kerja
    1. Administrasi publik
    2. Administrasi lingkungan
    3. Administrasi pembangunan
b. Berdasarkan Kegiatan Administrasi Keuangan
    1. Kegiatan administrasi keuangan dalam arti sempit, yaitu kegiatan administrasi keuangan berkaitan dengan segala aktivitas atau kegiatan menerima, mencatata, menghimpun, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan yang berkaitan dengan proses masuk dan keluarnya keuangan untuk membiayai sutau kegiatan kantor.
   2. Kegiatan administrasi dalam arti luas, yaitu suatu bentuk kerjasama antar individu untuk mewujudkan kegiatan dan kebijakan organisasi kerja dalam mencapai tujuan bersama yang berupa perencanaan, pengaturan, koordinasi, pertanggungjawaban, dan pengawasan dalam pengadaan dan penggunaan keuangan.

B. Petugas Administras Keuangan
 1. Pekerjaan petugas administrasi keuangan
     Seorang administrator keuangan menguasai operas keuangan harian dan perencanaan keuangan jangaka panjang. Adapun pekerjaan administrash keuangan, antara lain
   a. Pengembangan proses
   b. Pelaporan
   c. Membuat pedoman yang dibutuhkan untuk membangun dan menjaga keuangan perusahaan
   d. Mengkoordinasi departemen keuangan pegawai.

 2. Tanggung jawab petugas administrasi keuagan
   a. Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota supplier untuk memastikan status hutang/piutang
   b. Memeriksa laporan rekonsiliasj untuk memastikan data ter-input dengan benar
   c. Membuat, mencetak tagihan, dan surat tahihan untuk memastikan tagihab terkirim kepada pelanggan dengan benar dan tepat waktu.

Sumber:
Buku lks otomatisasi tata kelola keuangan
Kurikulum 2013 kl-kd 2017
Penerbit: putra nugraha
Penulis: anggrahini desi, S.E (dblk)

Buku paket otomatisasi tata kelola keuangan
Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Penerbit: yudhistira
Penulis: anis muftias

1 komentar:

  1. Haloo kami datang lagi dengan program menarik hanya 20 rb bisa dapatin hadiah jutaan rupiah penasaran
    yuk bergabung dengan kami di DEWALOTTO ya buruan... :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    BalasHapus

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil Di susun oleh: Laura Amanda Minggu, 8 Desember 2019 Pendidikan merupakan salah satu ...