Rabu, 01 Mei 2019

Jenis Lagu Nusantara

Di susun oleh: Maulidina dewi

Lagu nusantara banyak jenis dan ragamnya.bahkan mungkin berjumlah ribuan. Lagu nusantara dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Untuk menambah pengetahuan serta kecintaanmu terhadap musik dan lagu nusantara.

1.Lagu Anak-Anak
Lagu anak anak diciptakan dengan bentuk lagu yang sederhana dan kalimat yang tidak terlalu panjang.temannya sesuai dengan jiwa anak-anak yang masih polos. Bahasanya sederhana dan mudah dimengerti.Lagu anak tidak terlalu banyak menggunakan kiasan.biasanya,tema lagu anak diambilkan dari lingkungan hidup mereka sehari-hari.isi lagu anak-anak bersifat pedagogis atau mendidik ke arah yang positif.contohnya:menggunakan tema tuhan,cinta tanah air,karakter binatang,sayang orang tua,lingkungan.

2.Lagu Daerah
Lagu daerah menggunakan lagu yang lahir dari budaya daerah setempat yang bersifat turun-temurun.lagu daerah di indonesia yaitu lagu dari daerah tertentu atau wilayah budaya tertentu.bahasa dan dialek yang digunakan kadang-kadang sulit untuk diketahui maksud dan tujuannya. Teknik ucapan atau artikulasi harus memperhatikan ketentuan vokalisasi.

3.Lagu melayu
Pada zaman sekarang,bnyak lagu melayu yang diciptakan dari tangan-tangan kreatif musisi muda Indonesia. Lagu melayu asli masih menggunakan gendang tradisional melayu yang memungkinkan membawa sentuhan dendang dan joget tradisional. Jembatan menuju melayu pop modern Indonesia adalah pengembangan yang berbentuk musik orkestra. Pengembangan lebih jauh ke melayu modern didirikan oleh Orkes Melayu Tarantula (Reynold Panggabean) dan Soneta Group (Rhoma Irama). Padarera sekarang,orkes melayu lebih di kenal dangdut.

4.Lagu Keroncong
Lagu keroncong memiliki irama yang lembut dan mendayu-dayu. Ada yang berpendapat bahwa musik keroncong adalah peninggalan bangsa portugis di indonesia.bukti autentik yang menunjukkan bahwa irama keroncong milik bangsa portugis sudah tidak ada bekas nya.bentuk instrumen musik keroncong sedikitpun tidak di temukan di negara tersebut maupun daerah bekas jajahan portugis di Timor Leste saat ini. Bunyi irama yang gaduh ini ditirukan oleh instrumen ukulele dan chak secara bergantian. Bunyi inilah yang merupakan salah satu ciri permainan musik keroncong.

5. Lagu Seriosa
Pengertian seriosa sebenarnya hanyalah menyangkut teknik pengungkapan sebuah lagu secara serius. Penyanyi seriosa harus mampu mengungkapkan lagu secara serius dan menginterpretasikan atau menafsirkan maksud dan tujuan dari tema lagu secara tepat atau setidaknya mampu mendekati kemauan pencipta lagu tersebut. Penyanyi seriosa juga harus mampu membentuk vibrasi yang bagus. Dalam menampilkan lagu seriosa tidak dibenarkan menampilkan cara-cara tertentu dengan gerak dan gaya yang berlebihan. Ekspresi yang harus ditampilkan adalah ekspresi sabar sehingga menyatu dengan lagu yang sedang dibawakan.

6 Lagu populer
Lagu populer banyak digemari karena easy listening dan mudah diterima oleh masyarakat.selain itu,lagu populer diciptakan oleh para musisi-musisi kreatif dari berbagai background musik yang berbeda.pengertian lagu populer sebenarnya mengandung dua makna,yaitu:
a. Lagu yang sedang disenangi oleh masyarakat pada saat tertentu atau kurun waktu terbatas.orang akan merasa ketinggalan zaman apabila belum mengetahui lagu tersebut.
b.jenis lagu yang disajikan kepada pendengarnya dengan mengutamakan teknik penyajian dan kebebasan.
Lagu populer di indonesia hampir sama dengan lagu populer di mancanegara.lagu populer biasanya dimainkan oleh grup musik.sekitar tahun 1970-an muncul grup-grup musik populer ,seperti Koes Plus,Panbers, dan Bimbo. Musik populer pada zaman itu biasanya berlatar belakang hampir sama,yaitu tentang kehidupan manusia dari percintaaan,kepedihan,atau kegembiraan.

Sumber:
Penulis: Drs.H.Suparmin, M.Pd.,Elvira Khoirunnisa, S.Sn.Budaya(edisi IX)

2 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

  2. Dewalotto dan hanya dewalotto yang bisa memberi anda pengasilan tambahan dengan bermain bersama kami seru cepat dan havefun lohh...
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    BalasHapus

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil Di susun oleh: Laura Amanda Minggu, 8 Desember 2019 Pendidikan merupakan salah satu ...