Di susun oleh: Laura Amanda
Pengkajian Pancasila secara filosofis dimaksudkan untuk mencapaj hakikat atau makna terdalam dari Pancasila. Berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 sebagai berikut.
a. Nilai Sila Pertama
1. Pengakuan adanya causa prima (sebab utama) yaitu Tuhan Yang Maha Esa.
2. Atheisme dilarang hidup dan berkembang di Indonesia.
3. Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya.
1. Pengakuan adanya causa prima (sebab utama) yaitu Tuhan Yang Maha Esa.
2. Atheisme dilarang hidup dan berkembang di Indonesia.
3. Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya.
b. Nilai Sila Kedua
1. Menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan karena manusia mempunyai sifat universal.
2. Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa, hal ini juga bersifat universal
1. Menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan karena manusia mempunyai sifat universal.
2. Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa, hal ini juga bersifat universal
c. Nilai Sila Ketiga
1. Nasionalisme
2. Cinta bangsa dan tanah air
3. Menggalang persatuan dan kesatuan bangsa.
1. Nasionalisme
2. Cinta bangsa dan tanah air
3. Menggalang persatuan dan kesatuan bangsa.
d. Nilai Sila Keempat
1. Perbedaan secara umum demokrasi di negara barat dan di negara Indonesia, yaitu terletak pada permusyawaratan rakyat.
2. Dalam melakukan putusan diperlukan kejujuran bersama. Bahwa keputusab bersama dilakukan decara bulat sebagai konsekuensi adanya kejujuran bersama.
1. Perbedaan secara umum demokrasi di negara barat dan di negara Indonesia, yaitu terletak pada permusyawaratan rakyat.
2. Dalam melakukan putusan diperlukan kejujuran bersama. Bahwa keputusab bersama dilakukan decara bulat sebagai konsekuensi adanya kejujuran bersama.
e. Nilai Sila Kelima
1. Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan berkelanjutan.
2. Melindungi yang lemah agar kelompok warga masyarakat dapat bekerja sesuai dengan bidangnya.
3. Seluruh kekayaan alam dan sebagainha digunakan bersama-sama menurut potensi masing-masing.
1. Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan berkelanjutan.
2. Melindungi yang lemah agar kelompok warga masyarakat dapat bekerja sesuai dengan bidangnya.
3. Seluruh kekayaan alam dan sebagainha digunakan bersama-sama menurut potensi masing-masing.
Sumber : Buku Paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas X SMA/SMK/MAK (Revisi 2017)
Penulis : Nuryadi dan Tolib
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Penulis : Nuryadi dan Tolib
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
numpang promote ya min ^^
BalasHapusBosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*E*W*A*P*K
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)