Senin, 21 Oktober 2019

Kelangkaan BBM Premium sebabkan sebagian pengusaha SPBU rugi

Kelangkaan BBM Premium sebabkan sebagian pengusaha SPBU rugi

Di susun: Laura  Amanda

  Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengungkapkan temuan yang menyebabkan masyarakat di luar Jawa kesulitan mendapatkan bahan bakar jenis Premium di sejumlah SPBU, temuan BPH Migas di lapangan mengungkapkan bahwa kesulitan mendapatkan Premium baru terjadi di Riau dan Pekanbaru.
  Namun, petugas penyelidik di lapangan menyimpulkan bahwa kesulitan premium ini bukan disebabkan oleh kelangkaan, melainkan sejumlah daerah mengurangi stok serta ada juga yang memilih menjual Pertalite dari pada Premium, di karenakan BBM jenis Peemium ini adalah bahan bakar penugasan/subsidi.
  Disisi lain Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Menneg BUMN) Sofyan A Djalil mengungkap "ia sudah menyetujui subsidi diberikan PT Pertamina (Persero) kepada pengusaha SPBU sebesar Rp 160 per liter", namun besaran subsidi tersebut tidak di inginkan oleh sebagian pengusaha SPBU, yaitu Rp.500 per liter untuk 54.000 kiloliter premium, yang biasa dijual dalam satu hari.
  Artinya Pertamina disini harus menyediakan Rp.
27 miliar untuk mengurangi kerugian pengusaha ataupun pemilik SPBU.
Kerugian tersebut akibat selisih harga beli premium pada 30 November yang diturunkan dari Rp. 6.000 per liter menjadi Rp. 5.500 per liter pada 1 Desember.
  Bukan juga karena alasan apapun Sofyan A Djalil menolak pemberian subsidi sebesar Rp. 27 miliar kepada pengusaha SPBU, dikarenakan beban tersebut seharusnya tidak hanya ditanggung Pertamina saja tetapi juga oleh pengusaha SPBU. Makanya ia hanya menyetujui subsidi hanya diberikan untuk jumlah premium 27.000 kiloliter saja.
  Kelangkaan Premium ini, disebabkan karena kurang lebihnya pengusaha SPBU tidak menebus BBM jenis Premium ini, karena menurutnya hasil dari anggarannya terlalu kecil. Dan disisi lain ada beberapa daerah yang hanya memilih BBM jenis Pertamax dan Pretalite karna menurut pengusaha atupun pemilik SPBU lebih sedikit menguntungkan.

Referensi sumber:
1. detikFirance
Rabu, 7 Mei 2014
https://m.detik.com
2. Yoga Hastyadi Widiartanto
Rabu, 7 Maret 2018
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com
3. Luky Pransiska Kamis, 4 Desember 2008
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com
4. Safyra Primadhyta
Selasa, 27 Maret 2018
https://m.cnnindonesia.com

1 komentar:

  1. dewa kemenangan hanya ada di dewalotto dengan peluang menang dan beragam jenis permainan mendorong anda supaya bisa memainkan permainan kami
    yuk silahkan kunjungin ya hnya di dewalotto :)
    ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

    BalasHapus

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil Di susun oleh: Laura Amanda Minggu, 8 Desember 2019 Pendidikan merupakan salah satu ...